Dana Hibah Pariwisata Cuma Tersedot 70 Persen di 2020, Sandiaga Uno Sebut Penyebabnya

Dana Hibah Pariwisata Cuma Tersedot 70 Persen di 2020, Sandiaga Uno Sebut Penyebabnya



Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno melaporkan penyaluran dana hibah sektor pariwisata di 2020 Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. 

Sandiaga Uno melaporkan dari anggaran Rp 3,3 triliun untuk sektor pariwisata, hanya 70 persen yang bisa terealisasi di tahun lalu.

“Kami membahas secara detail tentang hibah pariwisata pada 2020 dari total Rp 3,3 triliun terealisasi 70 persen atau Rp 2,26 triliun,” kata Sandiaga dalam keterangan persnya, Jakarta, Selasa (16/2/2020).

Dari penyerapan anggaran sebesar Rp 2,26 triliun, sebanyak 6.818 hotel dan 7.625 restoran yang mendapatkan dana hibah dari pemerintah.

Dia berjanji, realisasi dana hibah sektor pariwisata ini akan lebih cepat disalurkan pada tahun ini.

“Pada tahun 2021 akan kita tingkatkan, lanjutkan, dan perluas untuk meningkatkan resiliensi dan ketahanan industri pariwisata dan ekonomi kreatif dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19,” ungkap Sandiaga.

Penyaluran dana hibah tahun 2020 kurang maksimal lantaran terhambat proses verifikasi dan validasi data. Proses validasi dan verifikasi masih menjadi pekerjaan rumah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Salah satu evaluasinya data yang disiapkan belum terverifikasi dan tervalidasi,” kata dia.

Ke depan, pihaknya akan menjangkau lebih banyak lagi hotel dan restoran mendapatkan dana hibah. Termasuk diperluas untuk para pelaku sektor pariwisata lain seperti biro perjalanan wisata, taman rekreasi dan lainnya.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com



Source link

Leave a Reply