COVID-19 India Kian Mencekam, Kasus Jamur Hitam Capai 28 Ribu

COVID-19 India Kian Mencekam, Kasus Jamur Hitam Capai 28 Ribu


VIVA – Gelombang kedua COVID-19 melanda dengan kurang dari 100 ribu kasus baru yang dilaporkan di India. Bukan hanya itu, kini negeri Bollywood itu sedang berjuang melawan ketakutan baru yakni mucormycosis, yang biasa disebut sebagai “jamur hitam“.

Pakar menyebut bahwa mukormikosis, bukan disebabkan oleh jamur hitam, sebenarnya infeksi jamur langka dengan tingkat kematian yang tinggi. Infeksi ini memicu warna hitam di area yang sakit sehingga kerap disebut sebagai jamur hitam.

Dikutip dari laman Al Jazeera, pada hari Senin, 7 Juni kemarin, Menteri Kesehatan Harsh Vardhan mengabarkan kondisi yang kian mencekam. Pasalnya, Menkes India itu mengatakan negaranya telah mencatat lebih dari 28 ribu kasus infeksi jamur.

“Dari 28 negara bagian, kami memiliki sekitar 28.252 kasus mucormycosis sampai sekarang. Dari jumlah tersebut, 86 persen, atau 24.370 kasus, memiliki riwayat COVID-19 dan 62,3 persen, atau 17.601, memiliki riwayat diabetes,” kata Vardhan dalam pertemuan dengan sekelompok menteri federal.

“Jumlah kasus tertinggi – 6.329 – telah dicatat di Maharashtra, diikuti oleh Gujarat dengan 5.486, dan kemudian Madhya Pradesh, Uttar Pradesh, Rajasthan, Haryana, Karnataka, Delhi, dan Andhra Pradesh,” katanya.

Apa itu jamur hitam?



Source link

Leave a Reply