Cerita Sulit Ambulans di Antara Konflik Palestina-Israel

Cerita Sulit Ambulans di Antara Konflik Palestina-Israel



Jakarta

Ambulans sudah beberapa kali terseret dalam demonstrasi besar di Indonesia. Dari mulai demonstrasi protes Pilpres 2019 hingga demonstrasi omnibus law UU Cipta Kerja. Cerita ‘sulit’ juga pernah dialami ambulans yang berada di tengah konflik Palestina di Israel.

Ada cerita-cerita soal kesulitan ambulans di wilayah Tepi Barat yang masih menjadi sengketa kedua negara.

Pada tahun 2017, seperti yang dilansir Reuters, pasukan Israel menangkap dua warga Palestina atas kecurigaan keterlibatan dalam bentrokan yang memicu penembakan mati seorang warga Palestina di wilayah Tepi Barat. Ada pula seorang sopir ambulans yang ditangkap.

Pelaku penembakan adalah seorang warga Israel yang melepas tembakan setelah mobilnya dikepung dan dilempari batu oleh para demonstran Palestina. Insiden itu terjadi saat warga Israel tersebut mencoba untuk terus melaju melewati para demonstran di dekat pos pemeriksaan militer di Tepi Barat pada Kamis (18/5/2017).

Usai bentrokan maut itu, pasukan Israel menangkap Yussef Derieh, seorang sopir ambulans dari desa Aqraba, dekat kota Nablus, Tepi Barat, yang membelokkan kendaraannya ke jalur berlawanan dan menghalangi mobil warga Israel tersebut.

Pasukan Israel juga menahan seorang warga Palestina lainnya, yang tidak disebutkan identitasnya. Selain menangkap kedua pria Palestina itu, tentara Israel juga menyita ambulans dan sebuah bus yang digunakan untuk mengangkut sebagian demonstran.

Saat kejadian, ratusan warga Palestina berunjuk rasa di pos militer Huwara, di selatan Nablus, yang telah beberapa kali menjadi lokasi bentrokan antara tentara-tentara Israel dan demonstran Palestina yang melemparkan batu. Aksi protes tersebut digelar untuk mendukung para tahanan Palestina di penjara-penjara Israel yang melakukan aksi mogok makan sejak 17 April.

Ternyata posisi sulit ambulans juga masih terjadi di tahun selanjutnya. Pada tahun 2018, seperti dilansir Middle East Monitor, pemukim Israel di Hebron, Tepi Barat melempari ambulans Palestina yang hendak menjemput pasien, di hadapan tentara Israel. Insiden ini dilaporkan oleh LSM hak asasi manusia B’Tselem.

Tonton juga ‘Warga Palestina Bentrok dengan Pasukan Israel’:

[Gambas:Video 20detik]



Source link

Leave a Reply