Cek Fakta: Tidak Benar Foto Ini Kadrun Ingin Bikin Gurun di Indonesia

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Ini Kadrun Ingin Bikin Gurun di Indonesia


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto kadrun ingin bikin gurun di Indonesia, dengan menggunakan Yandex.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Kadrun ingin bikin gurun di Indonesia

Penelusuran mengarah pada situs pinterest.nz, dalam situs tersebut terdapat foto yang identik dengan klaim. Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Kadrun ingin bikin gurun di Indonesia

Disertai dengan keterangan sebagai berikut:

“Foto: Kerusakan Hutan Kalimantan Terkini Akibat Perkebunan Sawit”

Dalam situs pinterest.nz menyertakan tautan situs mongabay.co.id yang mengarah pada artikel “Foto: Kerusakan Hutan Kalimantan Terkini Akibat Ekspansi Perkebunan Sawit” yang dimuat, pada 9 Maret 2014.

Artikel situs mongabay.co.id tersebut memuat sejumlah foto karya Lili Rambe, foto – foto ini adalah kondisi terkini kerusakan hutan di Kalimantan Tengah hingga wilayah sebagian wilayah Kalimantan Timur.

Greenpeace mencatat dari pertengahan tahun 2009 hingga pertengahan tahun 2000 setidaknya 141.000 hektar hutan Kalimantan yang juga merupakan habitat orangutan telah musnah.

Hampir di seluruh wilayah Kalimantan Tengah terdapat populasi orangutan. Berdasarkan data Population and Habitat Viability Analysis (PHVA) terdapat lebih dari 31.300 orangutan (pongo pygmaeus) yang menghuni wilayah Kalimantan Tengah. Penyebab utama musnahnya hutan – hutan ini adalah perkebunan sawit.

Salah satu foto yang dimuat dalam artikel mongabay.co.id identik dengan foto yang diklaim kadrun ingin bikin gurun di Indonesia. Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Kadrun ingin bikin gurun di Indonesia

Dalam artikel mongabay.co.id, foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

“Habitat satwa dilindungi Indonesia kini berubah menjadi blok-blok tanam.”

 

 



Source link

Leave a Reply