Cek Fakta: Pahami Tahap Pengembangan Vaksin Covid-19 Sebelum Produksi Massal

Cek Fakta: Pahami Tahap Pengembangan Vaksin Covid-19 Sebelum Produksi Massal



Liputan6.com, Jakarta – Vaksin bisa disebut sebagai sebuah alat untuk melawan wabah, seperti virus corona covid-19. Di Indonesia, uji klinis vaksin covid-19 sudah memasuki fase ketiga.

Banyak masyarakat awam yang mempertanyakan tahapan-tahapan pengembangan vaksin covid-19 sebelum diproduksi secara massal. Untuk menjawab pertanyan itu Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Profesor Wiku Adisasmito memberikan jawabannya.

Dalam membuat vaksin, kata Wiku seperti dikutip dari situs resmi Satgas covid-19, proses awal yang harus dilakukan adalah penelitian dasar. Pada saat penelitian dasar ini peneliti menelusuri mekanisme potensial berdasarkan ilmu yang biasa dipakai (science and bio medical).

Dalam penelitian dasar, para ilmuan fokus meneliti virus, sel-sel yang terkait virus tersebut, dan sel-sel yang diinveksi virus ini dan diperbanyak. Tujuannya untuk melihat sel-sel yang diperbanyak bagaiamana reaksinya dan diekstraksi virusnya dalam jumlah lebih banyak. Dan pada proses ini biasanya sudah dimulai dilakukan pembuatan vaksin dalam jumlah terbatas.

Langkah selanjutnya, melakukan uji pre-klinis untuk memastikan bahwa vaksin yang dibuat itu diuji dulu dalam sel kemudian dilanjutkan pada hewan untuk melakukan percobaan. Itu sering disebut studi envitro dan envivo.

Tentunya dalam uji ini, untuk mengetahui keamanan apabila diujikan pada manusia. Pre-klinis itu untuk memastikan vaksin ini (untuk melawan covid-19) aman jika diujikan pada manusia.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.



Source link

Leave a Reply