Cegah Klaster Baru di Daerah Rawan Bencana, Ini Pesan Satgas COVID-19

Cegah Klaster Baru di Daerah Rawan Bencana, Ini Pesan Satgas COVID-19


VIVA – Satuan Tugas Penanganan COVID-19 memberikan wanti-wanti kepada daerah rawan bencana. Memasuki musim hujan dan fenomena La Nina, tidak bisa dipungkiri bakal terjadi bencana alam seperti banjir ataupun tanah longsor.

Untuk itu, Satgas meminta pemerintah daerah berkoordinasi untuk penyiapan lokasi pengungsian yang layak dan aman bagi masyarakat.

“Satgas berharap tempat-tempat pengungsian pengungsian dapat direkayasa dengan baik agar selalu dalam keadaan layak dan bersih, sehingga dapat mengurangi potensi penularan COVID-19 serta penyakit-penyakit lainnya,” kata Juru Bicara Satgas, Wiku Adisasmito, Kamis 15 Oktober 2020.

Baca juga: Waspadai Cuaca Ekstrem, Jokowi Wanti-wanti Bencana Banjir dan Longsor

Wiku mengatakan, pemerintah daerah bersama BPBD dan TNI- Polri, bersinergi agar tidak memunculkan klaster baru di lokasi pengungsian. Mitigasi bencana amat penting, terlebih saat ini masih dalam situasi pandemi.

Contingency plan dan mitigasi risiko harus dipersiapkan dengan matang untuk meminimalisir kerugian bahkan korban jiwa pada sektor terdampak. Termasuk memastikan lokasi pengungsian yang akan digunakan untuk dapat meminimalisir risiko penularan COVID-19, logistik serta perangkat dan fasilitas kesehatan,” ujarnya.

“Di pengungsian harus dipastikan masyarakat mempunyai masker cadangan, hand sanitizer dan alat makan pribadi, serta tempat evakuasi yang didesain untuk dapat menjaga jarak. Dan harus selalu ada petugas kesehatan di sekitar pengungsian,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi penularan, Wiku meminta, pemerintah daerah selalu memantau secara ketat terkait pemeriksaan dan pelacakan kontak bagi masyarakat yang sudah terdeteksi positif virus.

Masyarakat juga terus dianjurkan untuk mengikuti protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Ingat protokol kesehatan merupakan langkah yang penting untuk melindungi diri kita dan orang-orang terdekat dari COVID-19,” kata dia. (art)



Source link

Leave a Reply