Cegah Corona dengan Olahan Buah dan Sayuran Ini

Cegah Corona dengan Olahan Buah dan Sayuran Ini


VIVA – Menjaga daya tahan tubuh menjadi kunci utama dalam melawan virus corona atau COVID-19. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah.

Sayur dan buah diketahui kata akan vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain mengonsumsinya secara utuh, mengolah sayur dan buah menjadi jus juga bisa menjadi alternatif dalam memenuhi asupan buah dan sayur harian. 

“Bukan hanya kaya akan vitamin dan mineral, sayur dan buah juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan usus. Kita tahu sistem pencernaan juga memiliki peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuh,” kata Spesialis Gizi Klinik, dr. Feni Nugraha, M.Gizi, Sp.GK, dalam program Hidup Sehat TvOne, Selasa 6 Oktober 2020.

Baca juga: Ingin Turunkan Berat Badan? 5 Pengganti Nasi Ini Bisa Jadi Pilihan

Untuk menjaga daya tahan tubuh, Feni menjelaskan masyarakat dapat memilih sayur dan buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk. Selain itu, masyarakat juga bisa menggunakan dua buah strawberry.

strawberry tinggi vitamin C, 2 buah strawberry mengandung 59mg vitamin C. Ini tinggi untuk mencukupi vitamin C harian, di mana pria dianjurkan konsumsi 90 gram dan wanita 75 gram vitamin C harian,” kata Feni.

Selain itu, bisa juga gunakan kiwi yang juga tinggi akan vitamin C. Serat menggunakan apel yang kaya akan vitamin C dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Keempat buah tadi yakni strawberry, kiwi, apel dicampurkan 200 ml air kemudian diblender. 

Untuk memblender jus juga tidak boleh terlalu lama. Sebab, mata pisau pada blender memiliki hantaran panas yang dapat memengaruhi kandungan vitamin, seperti vitamin C dan asam folat.

Dia juga menyarankan untuk langsung mengonsumsi jus sebab, jika dibiarkan akan memuat kandungan vitamin terkosidasi sehingga tidak optimal bagi tubuh.

Jumlah pasien COVID-19 masih tinggi, maka jangan lupakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan.

#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19



Source link

Leave a Reply