Cara Pulihkan Ekonomi dari Corona

Cara Pulihkan Ekonomi dari Corona



Jakarta

Program pemulihan ekonomi nasional (PEN) masih terus dilakukan untuk menekan dampak pandemi Corona yang ada di Indonesia.

Pada kuartal II 2020 ekonomi Indonesia sudah mengalami minus dan Indonesia sudah terancam masuk ke jurang resesi.

Pemerintah sudah menggelontorkan stimulus atau bantuan untuk masyarakat dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar dampak pandemi ini tidak terlalu kuat.

Ketua Satgas Program PEN Budi Gunadi Sadikin menjelaskan krisis yang terjadi 2020 ini sangat berbeda dengan krisis yang pernah terjadi sebelumnya.

“Kali ini kesulitannya bukan karena keuangan, tapi karena masalah kesehatan,” kata Budi kepada tim Blak-blakan detikcom, Senin (12/10/2020).

Dia menyebutkan ekonomi ini terganggu akibat masalah kesehatan yang memaksa manusia untuk membatasi kegiatannya di luar rumah.

Untuk Indonesia yang kegiatan ekonominya harus menggunakan kontak fisik membuat ekonomi semakin berat.

“Indonesia itu roda ekonominya harus menggunakan fisik. Contoh pasar basah jika diganti dengan pasar virtual tidak akan bisa menggeser dari segi omzet,” jelasnya.

Selain pemulihan ekonomi, Budi juga menceritakan tentang kesiapan negara untuk menjalankan program vaksin. Salah satunya dengan menyiapkan jutaan jarum suntik untik proses vaksinasi yang saat ini sedang dilakukan uji klinis.

Selengkapnya, saksikan Blak-blakan Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin di detikcom.

[Gambas:Video 20detik]

(kil/zlf)



Source link

Leave a Reply