Cara Membuat Masker Charcoal, Ketahui Cara Kerja dan Manfaatnya

Cara Membuat Masker Charcoal, Ketahui Cara Kerja dan Manfaatnya



Selain cara membuat masker charcoal dan cara kerjanya, manfaat dari charcoal sendiri juga tak kalah penting untuk diketahui. Arang dikenal mampu menyerap kotoran hingga 100 sampai 200 kali dari beratnya. Sementara dengan melalui proses aktivasi, arang aktif diklaim mampu menyerap massa kotoran hingga ribuan kali beratnya sendiri, sehingga activated charcoal diklaim sebagai bahan alami yang sangat baik untuk membantu membersihkan kulit wajah.

Penggunaan masker arang hanya efektif digunakan untuk menghilangkan jerawat ringan. Misalnya jerawat blackhead, whitehead, dan pustula (jerawat merah berisi nanah) yang tidak begitu meradang. Masker wajah ini tidak efektif untuk mengobati masalah jerawat batu atau jerawat karena hormon. Berikut ini beberapa manfaat charcoal :

1. Menyeimbangkan Kadar Minyak dalam Kulit

Setelah mengetahui cara membuat masker charcoal, tentunya kamu bisa merasakan manfaat dari masker tersebut. Buat kamu yang memiliki kondisi kulit berminyak, bisa banget merasakan manfaat charcoal yang bisa menarik minyak berlebih saat penggunaan pembersih ataupun masker wajahnya.

Kamu bisa menggunakan produk pembersih atau masker wajah berbahan charcoal maksimal satu atau dua kali dalam seminggu untuk menghindari kulit menjadi kering. Bagi kamu yang memiliki tipe kulit kering, sebaiknya hindari penggunaan bahan ini.

2. Menghilangkan Kulit Kusam

Selain menyebabkan masalah seperti jerawat, komedo, dan juga gejala penuaan, penumpukan kotoran di wajah juga akan membuat kulit kita menjadi lebih kusam. Penggunaan masker arang akan membuat kulit yang kusam menjadi lebih cerah dan juga bercahaya.

3. Menghilangkan Komedo

Manfaat mmasker charcoal selanjutnya adalah untuk menghilangkan komedo dan jerawat. Kebanyakan produk masker arang yang terkenal sebagai masker pengangkat komedo hadir dalam bentuk peel off mask. Masker arang peel off biasanya langsung dapat mengangkat komedo, sedangkan masker arang bentuk lainnya dapat membuat komedo menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan.

4. Mengecilkan Pori-Pori

Mengecilkan pori-por merupakan manfaat masker charcoal selanjutnya. Pori-pori yang besar dapat memicu berbagai macam masalah kulit karena kotoran, debu, dan juga sisa make up akan dengan mudah masuk ke dalam pori-pori. Ketika terjadi penyumbatan pori-pori maka akan timbul berbagai masalah kulit lainnya seperti jerawat dan komedo.

5. Exfoliator Alami

Proses exfoliating memang harus dilakukan secara rutin. Bukan hanya mengangkat kotoran yang ada di wajah, proses exfoliating juga akan mengangkat sel kulit mati. Manfaat masker charcoal yang terbuat dari bahan alami ini salah satunya adalah sebagai exfoliator alami. Kamu akan mendapatkan hasil kulit yang lebih bersih, cerah, dan terlihat sehat.



Source link

Leave a Reply