Cara Jualan Online Ini Bakal Jadi Tren di 2021

Cara Jualan Online Ini Bakal Jadi Tren di 2021


VIVA – Bukalapak memperkirakan, produk-produk seperti aksesori motor, gadget dan sejumlah produk lainnya akan menjadi tren pencarian di jualan online pada tahun ini.

“Untuk sektor-sektor apa saja yang akan menjadi tren di Bukalapak pada 2021, tentunya akan ada beberapa sektor yang akan dipengaruhi oleh faktor musiman atau seasonal. Contohnya, kita sudah memasuki musim penghujan sehingga kita melihat tren penjualan barang dan aksesori motor cukup meningkat seperti helm maupun jas hujan,” ujar Vice President of Merchant Bukalapak Kurnia Rosyada dalam temu virtual di Jakarta, Rabu 6 Januari 2021.

Menurut Kurnia, hal ini dikarenakan konsumen lebih prefer untuk mengantisipasi musim penghujan di Indonesia pada bulan-bulan ini.

“Selain itu kita melihat juga bulan Suci Ramadhan pada tahun ini, pastinya akan banyak peningkatan terutama dalam hal produk fashion maupun kuliner di ecommerce,” katanya.

Hal menarik lainnya dengan pola work from home yang menjadi rutinitas baru saat ini sebagai adopsi baru oleh perusahaan-perusahaan sekarang, Bukalapak melihat cukup besar peningkatan penjualan produk-produk yang membuat konsumen untuk melakukan work from home seperti gadget, kursi gaming, komputer.

“Ini juga ditambahkan dengan tren adopsi banyaknya hobi-hobi baru yang ditekuni oleh orang-orang, contohnya baru-baru ini lumayan banyak konsumen yang mencari gitar dan alat musik karena ingin belajar bermusik sebagai salah satu hobi baru,” ujar VP of Merchant Bukalapak tersebut.

Kurnia mengatakan, selama pandemi di tahun 2020 sangat menarik sekali melihat trending pencarian barang-barang, di mana pada Maret dan April, pencarian yang sangat tinggi terutama untuk alat-alat kesehatan seperti masker kesehatan.

Kemudian disusul juga dengan pencarian sepeda karena banyak sekali dari peminat di platform Bukalapak yang mencari kegemaran atau hobi baru seperti bersepeda.

“Selain itu kita melihat juga hobi berkebun maupun yang terbaru saat ini berkaitan dengan gaming di mana trennya meningkat cukup pesat selama pandemi Covid-19,” katanya.

VP of Merchant Bukalapak mengatakan, Hal menarik adalah perubahan minat dari pasar itu berubahnya lebih cepat dibandingkan sebelumnya, jadi apa yang misalnya trending pekan lalu bisa jadi pada pekan depan mengalami perubahan.

Ini salah satu fenomena yang cukup menarik dan hal tersebut disambut baik oleh para seller Bukalapak, di mana lumayan banyak para pelapak yang menanggapi masa pandemi ini dengan memperbanyak kategori produk yang mereka jual, tidak hanya dalam kategori tertentu melainkan juga merambah kepada kategori-kategori lainnya. (ant)



Source link

Leave a Reply