Bumi Celaka Jika Ada Asteroid yang Datang

Bumi Celaka Jika Ada Asteroid yang Datang


VIVA – Sekelompok ahli dari badan antariksa Amerika Serikat dan Eropa menghadiri latihan selama seminggu yang dipimpin oleh NASA, di mana mereka menghadapi skenario sebuah asteroid yang berjarak 35 juta mil mendekati Bumi dan dapat menghantam dalam waktu enam bulan.

Dalam pelatihan itu para peserta belajar lebih banyak tentang ukuran asteroid, lintasan, dan kemungkinan pertumbukan dengan Bumi. Kemudian mereka bekerja sama, menggunakan pengetahuan teknis untuk melihat apakah ada yang bisa dilakukan untuk menghentikan batu luar angkasa.

Tapi para ahli telah gagal. Kelompok tersebut menyimpulkan bahwa tidak ada teknologi di Bumi yang dapat menghentikan asteroid dari serangan, mengingat kerangka waktu simulasi hanya enam bulan. Dalam latihan tersebut, asteroid diketahui menabrak Eropa timur.

Hingga saat ini tidak ada asteroid yang terdeteksi mengancam Bumi. Tetapi diperkirakan dua pertiga asteroid berukuran 460 kaki atau lebih besar, bisa menimbulkan malapetaka, namun masih belum ditemukan. Itu sebabnya NASA dan badan lainnya berusaha untuk bersiap-siap menghadapi situasi seperti itu.



Source link

Leave a Reply