BMKG Prediksi Hujan Lebat Turun di Daerah Ini hingga Minggu

BMKG Prediksi Hujan Lebat Turun di Daerah Ini hingga Minggu


VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprediksi bahwa selama tiga hari ke depan (27-29 November 2020) beberapa wilayah di Indonesia memiliki potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Sirkulasi siklonik terpantau di perairan Barat Aceh 925-700 milibar (mb) yang membentuk daerah perambatan kecepatan angin (konvergensi). Ini memanjang dari perairan barat Sumatera Barat hingga Sumatera Utara bagian timur.

Sirkulasi siklonik lainnya juga terpantau di perairan utara Pulau Kalimantan (925-700 mb) dan di perairan utara Maluku Utara (925-700 mb).

“Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik,” kata Kepala Sub Bagian Hubungan Pers dan Media BMKG, Ririn di Jakarta, Jumat, 27 November 2020.

Baca juga: Profil dan Biodata Mareta Angel yang Dikira MA di Kasus Prostitusi

Daerah perlambatan konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Kalimantan Timur bagian utara hingga Selat Makassar bagian utara, serta memanjang dari Papua Barat hingga Papua Nugini bagian utara, yang mampu meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada Jumat, 27 November 2020 adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, dan Papua.

Kondisi ini masih berlangsung untuk esok harinya, 28 November 2020 di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Kemudian, untuk lusa 29 November 2020 wilayah yang berpotensi adalah Aceh, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

“Selanjutnya, wilayah yang berpotensi dilanda hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada hari ini adalah Jawa Barat, DKI Jakarta, Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat,” tuturnya.

Kondisi ini masih berpotensi terjadi di wilayah Kepulauan Riau, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Bali, NTT, dan Sulawesi Selatan, hingga esok hari 28 November 2020.

Untuk wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Bali, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Maluku Utara, diprediksi masih berpeluang terjadi hujan disertai angin kencang dan petir pada lusa 29 November 2020.

Untuk itu, BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir, kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan. (art)



Source link

Leave a Reply