Bioskop Dibuka di Masa Pandemi COVID-19 sebagai Uji Coba

Bioskop Dibuka di Masa Pandemi COVID-19 sebagai Uji Coba


VIVA – Wali Kota Bandung, Oded M Danial memastikan aktivitas bioskop di wilayahnya dalam situasi pandemi virus Corona atau COVID-19, akan terus dipantau. Jika pembukaan tempat ini ternyata menimbulkan kasus positif dan lengah menerapkan protokol kesehatan COVID-19, bioskop akan ditutup.

Oded mengakui, dibukanya bioskop di tengah pandemi berpotensi memunculkan klaster penularan kasus baru. 

“Pembukaan bioskop memang berisiko, itu pasti. Tapi kita akan evaluasi per dua pekan,” ujar Oded di Bandung Jawa Barat, Selasa 13 Oktober 2020.

Baca juga: Bioskop di Bandung Dibuka, Ridwan Kamil: Pemkot Harus Tanggung Jawab

Oded menegaskan, beroperasinya bioskop merupakan percobaan di masa pandemi. “Bioskop tetap dilakukan percobaan untuk relaksasi dengan catatan dan aturan yang sangat ketat, seperti melakukan simulasi terlebih dahulu. Setelah simulasi, ada berbagai aturan yang harus mereka tanda tangani dan ditaati, seperti standar protokol kesehatan yang sangat ketat dan segala macamnya,” tuturnya.

Oded memastikan, bioskop akan ditutup jika tak patuh terhadap protokol COVID-19. “Apabila ada yang tidak taat aturan akan ditutup langsung,” katanya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memperbolehkan sembilan bioskop di Kota Bandung untuk buka kembali. Sembilan bioskop tersebut terletak di sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Bandung.

Sebelumnya, 15 bioskop yang tersebar di Kota Bandung telah mengajukan diri untuk kembali buka di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Setelah dilakukan peninjauan dan simulasi bersama Gugus Tugas, hanya sembilan bioskop yang dinilai siap beroperasi dengan penerapan protokol kesehatan.

“Dari 15 bioskop yang ada di Kota Bandung, sudah ada sekitar sembilan bioskop yang sudah mendapatkan surat persetujuan dari Gugus Tugas COVID-19,” tutur Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kota Bandung, Dewi Kaniasari. 

Adapun protokol yang wajib dilakukan adalah staf dan penonton wajib memakai masker di seluruh area bioskop, mengecek suhu tubuh penonton sebelum masuk ke area bioskop, dan mengurangi kapasitas tempat duduk di ruang auditorium hingga 50 persen guna menjaga jarak aman antarpenonton. (art) 



Source link

Leave a Reply