Bintang Sepak Bola yang Lolos dari Kecelakaan Maut, Termasuk karena Pesawat Jatuh

Bintang Sepak Bola yang Lolos dari Kecelakaan Maut, Termasuk karena Pesawat Jatuh



Pada 6 Februari 1958, Manchester United menumpangi pesawat British European Airways dengan nomor penerbangan 609. Pesawat itu sedang transit di Munchen untuk mengisi bahan bakar.

Pesawat tersebut sempat mencoba lepas landas sebanyak dua kali, tapi gagal karena lintasan dipenuhi salju. Para pemain, penumpang, dan staf klub diminta kembali ke dalam ruang tunggu Bandara. Bahkan mereka ditawarkan untuk menginap semalam.Namun, MU dikejar waktu. Mereka butuh kembali ke Inggris secepat mungkin karena pertandingan melawan Wolverhampton Wanderers sudah menunggu.

Kapten pesawat, James Thain tetap memutuskan untuk terbang saat itu juga. Namun yang terjadi, pesawat tergelincir keluar lintasan. Badan pesawat terbelah dan terbakar.

Tercatat, 20 dari 44 orang di pesawat tewas dalam kecelakaan. Sebanyak delapan pemain dan tiga staff MU langsung meninggal dunia atas kejadian tersebut. Bobby Charlon, pemain MU yang selamat dari kecelakaan tersebut mengaku tidak ingat apa yang terjadi dalam pesawat.

“Saya tak tahu saya ada di mana. Saya masih duduk di kursi, yang entah bagaimana bisa berada di luar pesawat. Setelahnya, saya melihat Harry Gregg dan Bill Foulkes. Mereka bilang, saya tak sadarkan diri selama seperempat jam. Waktu itu, mereka masih keluar-masuk pesawat untuk menyelamatkan yang lainnya,” ucap Sir Bobby.

“Yang mereka lakukan amatlah berani. Pesawat terbakar dan terbelah dua. Kita berutang banyak kepada keduanya,” ujarnya melanjutkan.

Hari itu, Charlton memakai coat. Dia sempat menanggalkannya, tapi setelah dua kali gagal lepas landas, ia memutuskan untuk memakai coat itu lagi. Alasannya sederhana: ia tidak mau harus mengambil coat itu lagi dan mengenakannya hanya untuk berjalan masuk ke ruang tunggu lagi.

“Setelah pesawat kecelakaan, saya melihat Matt Busby di dekat saya. Saya kemudian menaruh coat saya di bawahnya. Jelas dia terluka parah,” kata Charlton.



Source link

Leave a Reply