Biaya Perawatan Mahal, Aset Sitaan Asabri dan Jiwasraya Akan Dilelang

Biaya Perawatan Mahal, Aset Sitaan Asabri dan Jiwasraya Akan Dilelang


VIVA – Tim penyidik Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung akan melakukan pelelangan barang bukti aset yang disita dari kasus dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan investasi PT Asuransi Jiwasraya dan PT Asabri. Sebab, biaya pemeliharaan aset sitaan sangat tinggi.

“Asabri maupun Jiwasraya karena pemeliharaannya terlalu tinggi, kita mau mencoba yang bisa dilelang, dilelang,” kata Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus), Ali Mukartono di Kejaksaan Agung pada Kamis, 6 Mei 2021.

Menurut dia, barang sitaan itu bisa dilakukan pelelangan meskipun belum berkekuatan hukum tetap alias inkracht merujuk Pasal 45 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). “Kan boleh Pasal 45 KUHAP, dengan biaya penyimpanan terlalu tinggi, kita terbatas biayanya,” ujarnya.

Pasal 45 Ayat (1) KUHAP berbunyi, apabila perkara masih ada ditangan penyidik atau penuntut umum, benda tersebut dapat dijual lelang atau dapat diamankan oleh penyidik atau penuntut umum, dengan disaksikan tersangka atau kuasanya.

Kemungkinan, kata dia, pelelangan barang bukti yang disita segera diuangkan setelah habis Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah. Apabila putusan hakim terjadi perbedaan, nantinya barang bukti yang dikembalikan akan berupa uang.



Source link

Leave a Reply