Benarkah Pakaian Antimikroba Melindungi Anda dari COVID-19?

Benarkah Pakaian Antimikroba Melindungi Anda dari COVID-19?



Beberapa perusahaan mengatakan, mereka telah menguji produk dengan SARS-CoV-2, seperti PROTX2 AV IFTNA dan Viroblock dari HeiQ yang menurut situs web perusahaan digunakan banyak merek untuk memproduksi masker yang dapat digunakan kembali, mantel, bahkan kasur.

IFTNA mengatakan, pengujian lab baru-baru ini menunjukkan keefektifan PROTX2 AV terhadap COVID-19. Sementara, HeiQ mengklaim bahwa Viroblock telah teruji efektif melawan Sars-CoV-2. Terlepas dari itu, belum ada perusahaan yang mengungkap virus apa yang diuji pada produk mereka sampai mengklaim sebagai antimikroba.

Price yang mempelajari keefektifan masker kain bersama direktur AIM Lab, Larry Chu, mengatakan, ada sejumlah variabel penentu seberapa besar perlindungan yang ditawarkan suatu produk. “Seringkali, bakteri dan virus punya cara reproduksi berbeda, sehingga butuh medium lain untuk melawannya,” jelasnya.

Meski pakaian Anda diklaim bebas virus, masih banyak variabel yang belum diketahui tentang SARS-CoV-2. Rute utama penularannya saja masih diperdebatkan, juga jumlah virus yang dibutuhkan untuk membuat seseorang sakit.

Prince menjelaskan, kemungkinan manfaat dari pakaian antimikroba bahkan lebih tak jelas untuk pakaian yang biasanya tak bersentuhan dengan wajah, seperti jeans.

Plus, meski perawatan tekstil terbukti mengurangi aktivitas virus tertentu, itu belum tentu membuatnya praktis untuk semua jenis pakaian. Harga tak mengurangi nilai potensial dari tekstil antimikroba, tapi sejauh ini, kata Prince, studi tersebut menawarkan gambaran tak lengkap.

“Apakah ini harus diuji? Ya,” katanya. “(Tapi) itu sama sekali tidak boleh dipasarkan ke publik melalui siaran pers dan brosur industri sebelum hasilnya diperiksa dan direplikasi dalam uji pengobatan yang adil, seperti uji klinis acak yang dijalankan dengan baik.”

“Jika seseorang merasa lebih aman memakai tekstil antimikroba, dan keamanan ini hanya ilusi pemasaran, itu bisa mengorbankan nyawa atau kesehatan mereka,” tandasnya.



Source link

Leave a Reply