Belajar dari Thailand, 1 Juta Kader Desa Dilibatkan dalam Tekan Kasus Aktif COVID-19

Belajar dari Thailand, 1 Juta Kader Desa Dilibatkan dalam Tekan Kasus Aktif COVID-19



Liputan6.com, Jakarta Indonesia bisa belajar menekan kasus aktif COVID-19 dari Thailand, yang mana saat ini kurang lebih melibatkan 1 juta kader desa dari total 69 juta populasi penduduk Negeri Gajah Putih. Tercatat kasus aktif COVID-19 di Thailand per 15 November 2020 sebesar 2,43 persen.

Angka tersebut sangat rendah dibanding rata-rata dunia sebesar 28,18 persen. Jika dibandingkan dengan Indonesia, maka Thailand jauh lebih rendah. Per 15 November 2020, kasus aktif COVID-19 Indonesia berada di angka 12,72 persen.

“Kita dapat belajar dari negara-negara lainnya yang telah mampu menekan kasus aktif COVID-19, seperti Thailand dan Singapura (0,09 persen),” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (17/11/2020).

“Masyarakat dapat berperan menekan kasus aktif ini dengan cara disiplin mematuhi protokol kesehatan di manapun, di setiap aktivitas yang dilakukan. Ingat, protokol kesehatan melindungi diri kita dan orang-orang terdekat dari potensi penularan COVID-19.”

Indonesa adalah bangsa yang besar. Bila kita berhasil menekan kasus aktif, maka kita telah berkontribusi menekan kasus aktif COVID-19 dunia.

“Di sisi lain, apabila kita lengah, maka kita pun akan memberikan dampak yang buruk pada penanganan COVID-19 di dunia,” lanjut Wiku.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.



Source link

Leave a Reply