Bang Sapri Meninggal, Gejala Ini Kerap Diabaikan Pasien Diabetes

Bang Sapri Meninggal, Gejala Ini Kerap Diabaikan Pasien Diabetes


VIVA – Kadar gula dan tekanan darah yang melonjak diduga menjadi pemicu komedian Sapri meninggal dunia pada Senin petang, 10 Mei 2021. Bahkan, kondisi tersebut nyaris membuat kaki mendiang Sapri diamputasi.

Hal itu dipaparkan oleh rekan sesama artis, Eko Patrio yang menyebut tekanan darah Sapri sempat mencapai 175 dan gula darahnya melonjak hingga 1100. Kondisi tersebut membuat almarhum Sapri merasakan kesakitan di bagian kaki dan penurunan kesadaran.

“Saya dapat komunikasi dari adiknya, saya dapat info dilakukan penyedotan gelembung-gelembung di kakinya, karena kalau nggak dilakukan sudah menghitam ya, itu secepatnya harus diambil tindakan. Separah-parahnya harus diamputasi baik kaki kiri maupun kaki kanannya, mata kaki kiri dan mata kaki kanan,” Ujar Eko Patrio lewat Channel YouTube Paragram Official. 

Tanda Awal Diabetes

Kondisi kaki merupakan salah satu komplikasi diabetes yang sering terjadi. Untuk itu, pencegahan perlu dilakukan dimulai dari mengenali garis batas diabetes. Apa itu batas diabetes?

Dikutip dari laman Healthline, batas diabetes, juga disebut pradiabetes, adalah suatu kondisi yang berkembang sebelum seseorang terkena diabetes tipe 2. Ini juga dikenal sebagai gangguan glukosa puasa atau intoleransi glukosa. Ini berarti kadar gula darah Anda lebih tinggi dari biasanya, tetapi tidak cukup tinggi untuk dianggap sebagai tanda diabetes. Untuk mengenalinya, disarankan agar rutin memeriksa gula darah, khususnya jika memiliki riwayat diabetes pada keluarga.

Selama fase pradiabetes, pankreas masih memproduksi cukup insulin sebagai respons terhadap sumber karbohidrat yang masuk. Namun, insulin kurang efektif dalam menghilangkan gula dari aliran darah, jadi gula darah menjadi tinggi. Kondisi ini disebut resistensi insulin.



Source link

Leave a Reply