AS Umumkan Posisinya Terhadap Iran Untuk Pemerintahan Joe Biden

AS Umumkan Posisinya Terhadap Iran Untuk Pemerintahan Joe Biden



Liputan6.com, Jakarta Amerika Serikat memberikan pernyataan soal posisinya terhadap Iran setelah Presiden Joe Biden, dalam sebuah wawancara, mengindikasikan bahwa AS tidak akan mencabut sanksi hingga Iran menghentikan pengayaan uranium.

“Sekedar untuk memperjelas, presiden persisnya tidak pernah mengatakan itu,” kata Juru Bicara Gedung Putih Jen Psaki kepada para wartawan, Senin (8/2), demikian dikutip dari laman VOA Indonesia.

Biden, dalam sebuah wawancara televisi yang disiarkan pada Minggu (7/2), mengangguk tanda setuju ketika penyiar jaringan televisi CBS, Norah O’Donnell, bertanya tentang pencabutan sanksi dan apakah Iran harus terlebih dahulu menghentikan pengayaan uranium pada tingkat yang lebih tinggi daripada yang diizinkan berdasarkan Rencana Perjanjian Komprehensif Bersama (JCPOA). Amerika Serikat mundur dari JCPOA di bawah pemerintahan Donald Trump.

“Saya pikir jika kami mengumumkan perubahan kebijakan besar, kami akan melakukannya dengan cara yang berbeda dari sekedar anggukan kecil kepala,” kata Psaki dalam konferensi pers di Gedung Putih, Senin (8/2), ketika ditanya tentang posisi presiden tentang Iran.

Biden mengatakan dia ingin Amerika bergabung kembali dengan perjanjian nuklir itu.

Ketika ditanya langsung dalam wawancara CBS News apakah Amerika akan mencabut sanksi terlebih dahulu agar Iran kembali ke meja negosiasi, Biden hanya menjawab, “Tidak.”

 



Source link

Leave a Reply