Aksi Mereda, Massa Terpusat di Jatibaru Jakpus

Aksi Mereda, Massa Terpusat di Jatibaru Jakpus



Jakarta

Kericuhan yang ditimbulkan massa perusuh yang didominasi remaja setelah massa demo PA 212 dkk membubarkan diri mulai mereda. Massa kini terpusat di Jalan Jatibaru Raya, Jakarta Pusat (Jakpus).

Polisi sebelumnya memukul mundur massa dari Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (13/10/2020). Massa yang tiba-tiba hadir setelah aksi dari PA 212 dkk selesai mulai melempari polisi dengan batu dan botol.

Polisi menembakkan gas air mata dan membuat massa kocar-kacir ke 3 arah. Polisi yang mengendarai motor pun mengejar massa hingga ke Jalan Budi Kemuliaan dan sekitar Tugu Tani.

Begini urutan kejadian kericuhan yang terjadi hari ini:

15.40 WIB

Massa PA 212 dkk mulai membubarkan diri dari Patung Kuda. Mobil komando juga sudah meninggalkan lokasi.

Orator PA 212 dkk pun terdengar mengimbau massa demonstrasi agar membubarkan diri. Massa dari PA 212 dkk pun mulai meninggalkan lokasi satu per satu.

15.45 WIB
Tiba-tiba, massa yang berbeda dengan massa PA 212 memulai keributan. Terlihat massa yang didominasi anak-anak remaja ini mulai melempari polisi yang menjaga barikade.

Tampak pihak kepolisian hanya menggunakan tameng tanpa memberikan perlawanan. Situasi di lokasi makin ricuh lantaran massa remaja berpakaian bebas tak berhenti melemparkan batu hingga botol ke arah polisi di sekitar Patung Kuda.

Laskar FPI di lokasi pun sempat melerai massa dan meminta massa membubarkan diri. Namun ajakan tersebut diabaikan oleh massa remaja tersebut.

16.12 WIB
Polisi memukul mundur massa, yang berpencar ke tiga arah. Massa dipukul mundur ke arah Bundaran HI, Jalan Medan Merdeka Selatan, dan Jalan Budi Kemuliaan. Polisi mengendarai motor dan kendaraan taktis memukul mundur massa dengan menembakkan gas air mata.

Massa pun kocar-kacir menerima tembakan gas air mata. Mereka berpencar ke tiga arah sambil tetap melempar batu dan botol ke arah polisi. Polisi terus menembakkan gas air mata saat memukul mundur massa. Melalui pengeras suara, polisi juga mengimbau massa agar membubarkan diri.

16.50 WIB
Polisi memukul mundur massa di Jalan Medan Merdeka Barat menuju ke arah Tugu Tani. Polisi mengejar massa yang kocar-kacir hingga ke sekitar Tugu Tani.

Massa masih melempar batu-batu ke arah pihak kepolisian. Lemparan batu tersebut dibalas dengan tembakan gas air mata. Tampak batu berceceran di jalan. Terdengar beberapa kali tembakan gas air mata di lokasi.

17.30 WIB
Massa pendemo bertahan di Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Mereka memenuhi dua ruas jalan dan membakar ban di tengah jalan.

Pasukan polisi menghampiri jalan yang diblokade tersebut. Tampak aparat mendekati dengan sepeda motor dan kendaraan taktis, Barracuda. Suara letusan gas air mata terdengar sekitar 15 kali.



Source link

Leave a Reply