7 Penyebab Ketiak Sakit yang Perlu Diperhatikan, Bisa Tandakan Penyakit

7 Penyebab Ketiak Sakit yang Perlu Diperhatikan, Bisa Tandakan Penyakit



Cedera Otot

Penyebab ketiak sakit yang pertama adalah cedera otot. Kondisi ini bisa kamu kenali dengan rasa sakit pada ketiak, namun tidak ada bintil atau benjolan. Pemicu nyeri pada otot dan tulang di sekitar ketiak bisa karena kelelahan, peradangan, hingga robekan pada otot. Sementara itu, otot yang meregang dari dada ke bahu dapat cedera saat kamu beraktivitas, misalnya saat mengangkat barang atau melempar sesuatu.

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan kelenjar getah bening juga merupakan salah satu penyebab ketiak sakit. Kelenjar getah bening bisa membesar akibat perubahan hormon saat menstruasi. Hal tersebut sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan, kecuali kamu memang terkena infeksi yang cukup mematikan atau mengalami kondisi autoimun.

Dalam tubuh, terdapat 600 kelenjar getah bening, termasuk di bagian bawah rahang, leher, dan ketiak. Kelenjar getah bening sangat penting untuk melawan penyakit dan menjaga daya tahan tubuh.

Umumnya, saat infeksi flu mereda, kelenjar getah bening juga mengempis. Begitu pula saat menstruasi. Ketika menstruasi selesai, kelenjar pun kembali mengecil dan tidak menimbulkan nyeri lagi.

 



Source link

Leave a Reply