7 Cara Plating Makanan yang Bagus, Hidangan Jadi Cantik dan Menarik

7 Cara Plating Makanan yang Bagus, Hidangan Jadi Cantik dan Menarik



Perhatikan Warna

Cara plating makanan selanjutnya adalah memperhatikan warna dan kontras penampilan. Selain menentukan titik fokus pada bagian protein atau karbohidrat, selanjutnya gunakan warna-warna cerah dan menarik untuk menambah keindahan penampilan.

Warna-warna tambahan bisa didapatkan dari saus, kacang-kacangan sayur, atau garnish yang sesuai. Kamu juga bisa menggunakan batang sereh dan bahan gorengan atau sayuran seperti pada steak untuk membuat makanan lebih menarik dan menggugah selera.

Gunakan Saus sebagai Hiasan

Menggunakan saus sebagai hiasan makanan juga dapat menambah keindahan. Kamu bisa menyebarkan saus tipis-tipis di sekitar makanan, namun jangan terlalu banyak. Kamu juga bisa meletakkan makanan kering dan garing di atas saus yang cair, atau tambahan bahan renyah yang menyeimbangkan tekstur nasi atau bubur yang lembut.

Namun, jika saus adalah bagian tambahan dari bahan utama dan jumlahnya banyak, tempatkan di wadah terpisah.

Tambahkan Garnish atau Hiasan yang Tepat

Cara plating makanan yang juga perlu diperhatikan adalah penambahan garnish atau hiasan. Garnish bukan sekadar penghias makanan, tapi juga pelengkap rasa dan tekstur. Kamu bisa memilih garnish yang bisa dimakan, seperti lada atau bawang goreng sehingga dapat melengkapi rasa makanan.

Hindari penggunaan garnish yang berbau tajam dan rasanya tidak sesuai, sehingga merusak selera makan. Kamu bisa menata garnish dengan ditabur di bagian atas makanan utama dan tidak dipisah. Gunakan secukupnya, jangan terlalu banyak.



Source link

Leave a Reply