6 Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika, Tidak Hanya Rasa

6 Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika, Tidak Hanya Rasa



Ketinggian Tempat Tanam

Perbedaan kopi robusta dan arabika juga bisa dilihat dari ketinggian tempat tanam. Kopi Arabika harus ditanam di tempat yang lebih tinggi untuk menghasilkan rasa asamnya. Kopi Arabika sendiri tumbuh di daerah dengan ketinggian 700-1.700 mdpl dengan suhu 16-20°C.

Sedangkan kopi Robusta bisa tumbuh dan hidup di daerah dengan ketinggian 400-700 mdpl dengan temperatur 21-24°C. Biji kopinya pun tak mudah rusak oleh hama. Oleh karena itu, produksi kopi robusta per hektar pun lebih banyak, dan membutuhkan biaya produksi yang cukup rendah.

Harga

Perbedaan kopi robusta dan arabika juga bisa dilihat dari harganya. Perkembang biakannya yang lebih sulit dan membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa dipanen, membuat biji kopi arabika dihargai lebih mahal daripada kopi Robusta.

Bahkan harga kopi arabika bisa mencapai dua hingga tiga kali lipat lebih tinggi daripada Robusta. Kopi Robusta lebih sering diproduksi menjadi kopi instan karena kadar kafeinnya yang tinggi dan cocok dikonsumsi saat butuh suntikan energi cepat.

Itulah beberapa perbedaan kopi robusta dan arabika yang perlu kamu ketahui. Bagi kamu pencinta kopi ataupun yang ingin membuka kedai kopi, hal ini tentunya sangat penting untuk dipahami.



Source link

Leave a Reply