6 Manfaat Memasak Bersama Anak, Meningkatkan Percaya Diri dan Daya Imajinasi

6 Manfaat Memasak Bersama Anak, Meningkatkan Percaya Diri dan Daya Imajinasi



Memberikan Pengalaman Sensorik

Anak-anak dikenal punya rasa ingin tahu yang tinggi, terlebih ketika bertemu hal baru. Hal ini tentunya membuat kamu bisa menggunakan masak bersama anak untuk melatih kemampuan sensoriknya, terutama indra-indra di tubuhnya agar lebih peka.

Misalnya, dari indera pendengaran (mendengar suara makanan yang diolah), indera penciuman (mencium aroma makanan yang sedang dimasak), dan indera penglihatan (membaca resep). Tak hanya itu, indera peraba (memotong, mengaduk, atau bahkan menguleni), dan indera perasa (mencicipi hasilnya) pun juga akan bekerja saat anak memasak.

Memasak juga dapat membuat anak jadi lebih fokus ke beberapa indranya, baik secara kolektif maupun individual. Hal ini akan membuatnya dapat melakukan beberapa aktivitas sekaligus dan menyelesaikan tugas secara on time di kemudian hari.

Mempererat Hubungan Antar Orang Tua dan Anak

Manfaat memasak bersama anak yang terakhir adalah mempererat hubungan antar orang tua dan anak. Secara tidak langsung, kamu juga bisa mengajarkan tradisi keluarga yang diturunkan. Misalnya, mengajarkan anak memasak makanan tradisional turun temurun dari tradisi keluarga.

Masak bersama juga membuat anak-anak jadi semakin kompak dan membangun ikatan yang kuat dengan saudaranya yang lain. Memasak bersama tentunya akan memberikan pengalaman yang berkesan bagi anak hingga dewasa nanti.

Itulah beberapa manfaat memasak bersama anak yang bisa kamu dapatkan. Ingatlah untuk selalu menjaga keamanan dan tetap perhatikan anak.



Source link

Leave a Reply