4 Kebiasaan Remeh yang Ternyata Menghambat Diet Penurunan Berat Badan

4 Kebiasaan Remeh yang Ternyata Menghambat Diet Penurunan Berat Badan



Liputan6.com, Jakarta – Sudah lama sejak diet jadi andalan tak sedikit orang untuk menurunkan berat badan. Tren diet memang silih berganti, namun catatannya selalu soal penerapan pola yang bisa jadi berbeda bagi setiap orang. Yang cocok bagi satu orang, belum tentu berlaku demikian untuk yang lain.

Tapi, di antara poin-poin itu, ada pula kebiasaan umum, bahkan dianggap remeh, yang bisa menyabotase upaya menurunkan berat badan. Dari beberapa di antaranya, dr. Cut Hafiah M. Gizi SpGK, spesialis gizi klinik, sekaligus residen dokter SKYN Clinic, menyebut beberapa kebiasaan yang umum dijumpai.

1. Melewatkan Sarapan

Memadatkan makan hanya dua kali sehari ternyata bukanlah jawaban penurunan berat badan Anda. Karenanya, dianjurkan tetap sarapan dengan menu sehat yang memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

“Karena dengan pola makan turun (hanya dua kali makan berat sehari), lambung bekerja lebih berat karena langsung makan banyak. Lebih baik makan sedikit, tapi sering,” katanya dalam konferensi pers daring, baru-baru ini.

2. Hanya Mengandalkan Hitungan Kalori

Menghitung kalori harian juga acap kali jadi cara untuk menurunkan berat badan. Namun, semata mengandalkan metode ini, kata dr. Cut, sebenarnya tak akan memperlihatkan hasil maksimal.

“Misal, makan gorengan tiga buah karena sarapan dan makan siangnya sudah rendah kalori. Tidak bisa begitu juga. Karena di makanan ringan tidak sehat juga ada kandungan lemak jenuh yang harus diperhitungkan,” tuturnya.



Source link

Leave a Reply