4 Cara agar Hampers Ramah Lingkungan

4 Cara agar Hampers Ramah Lingkungan


VIVA – Salah satu tradisi menjelang Lebaran yang saat ini marak dilakukan adalah mengirim hamper. Dilansir dari Merriam Webster, hamper didefinisikan sebagai keranjang besar yang diperuntukkan untuk mengemas, menyimpan, atau mengangkut barang (seperti makanan, atau cucian).

Hamper menjelang lebaran biasanya diisi dengan aneka kue kering, perlengkapan ibadah atau barang lain yang dapat digunakan sehari-hari maupun sekedar untuk dijadikan pajangan.

Tradisi mengirim hamper ini umumnya dilakukan oleh siapapun, seperti Syifa (18) berbagi cerita sebagai pengirim dan penerima hamper, alasan ia mengirim hamper adalah sebagai tanda terima kasih atau sekadar untuk silaturahmi, selain itu Arya (19) juga berpendapat bahwa memberikan hamper itu adalah sebuah bentuk rasa keterikatan kepada seseorang.

Syifa menambahkan bahwa dirinya lebih suka memberikan hamper yang berisi barang-barang awet yang dapat digunakan dalam jangka waktu panjang. Sama seperti Syifa, Arya juga mengatakan barang-barang yang cocok dijadikan hamper adalah barang yang dapat dipakai sehari-hari. Budget yang mereka keluarkan untuk memberikan hamper kepada orang-orang terdekat kisaran 150-200k.

Tradisi hamper juga dilakukan oleh seorang Nadia (26), ia mengatakan bahwa telah memberikan dan menerima berbagai jenis hamper di sepuluh hari menjelang lebaran. “Sangat beragam sekali, dan uniknya teman-temanku menggunakan packaging yang ramah lingkungan” sahutnya, Ia pun menambahkan bahwa dirinya lebih memilih untuk mengemas hamper menggunakan wadah yang dapat dipakai kembali atau didaur ulang, seperti wadah dengan anyaman rotan, dus, atau totebag kain belacu dan meminimalkan pemakaian plastik sekali pakai dalam proses pengemasan, hal tersebut ia lakukan untuk mengurangi dampak buruk pada lingkungan.



Source link

Leave a Reply