3 Hal Bila Terpaksa Berada dalam Kerumunan

3 Hal Bila Terpaksa Berada dalam Kerumunan


VIVA – Belum lama ini media diramaikan dengan berita penuhnya orang di pasar-pasar dan mal. Kita juga mengetahui aturan larangan mudik serta juga ada edaran tentang bagaimana sebaiknya berkegiatan di seputar Hari Raya Idul Fitri beberapa hari lagi ini.

Tentu sudah jelas bahwa anjuran agar lebih baik di rumah saja kalau tidaklah terlalu perlu keluar. Di sisi lain, kalau toh harus terpaksa berada dalam suatu bentuk kumpulan orang -karena sebab apapun- maka setidaknya ada tiga hal yang perlu dapat perhatian penting dan sebaiknya dilakukan untuk keamanan kita.

Pertama, sejumlah orang berada bersama di luar ruangan tentu membuat kemungkinan penularan COVID-19 lebih rendah daripada bersama di dalam ruangan. World Health Organization (WHO) menyebutnya sebagai “open air spaces safer than enclosed spaces”. Artinya ada dua hal kalau harus berkumpul, kesatu memang akan jauh lebih baik kalau dilakukan di udara terbuka saja dan kedua kalau terpaksa harus di dalam ruangan maka seharusnya ada ventilasi terbuka dengan udara luar.

Pada ruangan-ruangan yang katakanlah tidak ada jendela terbuka maka perlu pengaturan sistem udara dengan baik, tentu dengan menggunakan kaidah teknik lingkungan kesehatan agar sirkulasi udara dalam ruangan terjaga baik.



Source link

Leave a Reply