15 Manfaat Ikan Bawal bagi Kesehatan Tubuh, Tingkatkan Perkembangan Otak

15 Manfaat Ikan Bawal bagi Kesehatan Tubuh, Tingkatkan Perkembangan Otak



1. Mengontrol Kadar Kolesterol

Manfaat ikan bawal yang pertama dapat mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. manfaat ini menjadi penting, terutama saat usia semakin beranjak dewasa. Sebab semakin dewasa, maka penumpukan kolesterol akibat lemak jahat yang berasal dari makanan akan semakin banyak.

Ikan bawal dapat memberi manfaat tersebut karena memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang memang dipercaya mampu mengatasi kolesterol jahat di dalam tubuh. Bahkan, berdasar penelitian yang dilakukan Japan Food Research Laboratories, kandungan omega-3 pada ikan bawal Jepang sangat tinggi.

Pada setiap 100 g daging ikan bawal mengandung sekitar 2,56 g asam lemak omega-3 dalam bentuk DHA dan EPA. Bahkan angka tersebut lebih tinggi dibandingkan ikan salmon yang hanya mengandung 2 g asam lemak omega-3 per 100 g.

 

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kemudian, manfaat ikan bawal bagi tubuh yaitu bisa menjaga kesehatan jantung. Hal ini berasal dari kandungan asam lemak omega-3 yang sempat disinggung pada poin sebelumnya. Adanya kandungan asam omega-3 tersebut, juga mampu mencegah pembentukan plak pada dinding pembuluh darah yang menjadi penyebab serangan jantung.

 

3. Mencegah Stroke

Selain itu, dengan kandungan omega-3 di dalamnya, juga berguna dalam mencegah stroke. Di dalam ikan bawa, terkandung zat yang mampu menurunkan emulsi stroke hingga 21% dan menurunkan keparahan stroke 50%.

Selain itu, mengonsumsi berbagai jenis ikan, salah satunya ikan bawal, bisa meningkatkan fungsi otak dan menurunkan peradangan syaraf. Hal ini sejalan dengan hasil kongres ISSFAL (International Society for the Study of Fatty Acids and Lipids), yang menyatakan bahwa mengonsumsi ikan seperti jenis ikan bawal bisa meningkatkan fungsi sel otak dan mengurangi peradangan syaraf. Bahkan jika mengonsumsi ikan dua sampai empat porsi sehari mampu menurunkan risiko stroke.



Source link

Leave a Reply