14 Wisata Kuliner Surabaya Terpopuler yang Enak dan Murah, Bikin Ketagihan

14 Wisata Kuliner Surabaya Terpopuler yang Enak dan Murah, Bikin Ketagihan



Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye

Surabaya dikenal dengan kuliner malamnya yang menggugah selera. Jika kamu pencinta kuliner pedas dan merasa lapar saat malam hari wajib mencicipi kuliner Surabaya satu ini. Di jalan Jagir Wonokromo Wetan no. 12, Jagir, Wonokromo, Surabaya kamu bisa menyantap makanan saat malam hari di warung Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye.

Namun, kamu harus rela mengantre untuk mendapatkan kelezatan sajian di warung ini. Menunya boleh jadi sederhana, tetapi urusan rasa, Sego Sambel Mak Yeye memang juara. Nasi hangat dengan lauk iwak pe alias ikan pari yang dibaluri sambal merah menyala, bisa-bisa membuat kamu ketagihan. Jika tak ingin iwak pe, ada juga beragam lauk sederhana lainnya.

Sate Karak

Jika berkunjung di kawasan Ampel, sangat direkomendasikan untuk menjajal sate karak ini. Sate karak merupakan kuliner tradisional yang hanya populer di Surabaya. Sajian nikmat yang biasa dijadikan menu untuk sarapan ini dikenal sejak tahun 1960-an. 

Bahan utama sate karak berupa jeroan sapi terutama usus dan ada dagingnya juga yang diberi bumbu spesial, bahkan ukurannya pun cukup besar.  Keunikan lain yang membuat sate karak spesial adalah karena hidangan pendampingnya. Biasanya, sate sering disajikan dengan lontong. Namun, sate karak dihidangkan dengan ketan hitam. Tekstur dari ketan hitam yang disajikan tidak lengket, sehingga mudah untuk dinikmati.

Bukan sambal kacang yang digunakan untuk melumuri satenya, tetapi parutan kelapa yang diberi bumbu atau biasa disebut dengan serundeng bercita rasa manis dan gurih. Terdapat pula tambahan bubuk kedelai pedas yang ditabur di atasnya yang menambah kekayaan cita rasa sate karak.

Bebek Palupi

Bebek goreng sudah dikenal sebagai salah satu kuliner andalan Kota Pahlawan. Dari sekian banyak penjual bebek goreng di Surabaya, tempat yang paling terkenal adalah Bebek Palupi. Eksis sejak tahun 1996, lokasi Bebek Palupi cukup strategis, yaitu berada di Jalan Raya Rungkut Asri Tengah Nomor 10 yang berdekatan dengan Bandara Juanda. 

Dari sisi penyajian, seporsi bebek goreng legendaris ini hadir dengan tampilan cukup sederhana. Hanya dihidangkan bersama nasi, sambal tomat dan beberapa lalapan. Bebek gorengnya terkenal sangat renyah, dengan sensasi bumbu rempah kuning gurih yang cukup tajam. Tekstur dagingnya benar-benar empuk. Selain itu, tidak tercium bau amis sama sekali. Salah satu rahasia keempukannya adalah karena hanya menggunakan daging bebek muda dan dimasak dengan suhu

Pecel Semanggi

Pecel semanggi merupakan makanan yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Pecel semanggi khas Surabaya ini terdiri dari daun semanggi, tauge atau kecambah, kangkung, kerupuk uli, dan bumbunya yang berbahan dasar ketela yang di padukan dengan sambal. Makanan ini biasa di sajikan dengan alas daun pisang.

Tiap daerah di Jawa Timur memang mengenal kuliner pecel semanggi, tetapi sambalnya mempunyai cita rasa yang berbeda. Kamu bisa menemukan pecel semanggi di beberapa tempat makan di Surabaya, antara lain di Jalan Diponegoro No.56, Jalan Gembong 20-30, dan di Surabaya Plaza Hotel. Harga pecel semanggi juga termasuk relatif terjangkau.



Source link

Leave a Reply