You are currently viewing 14 Daftar Makanan Tinggi Purin, Bisa Sebabkan Asam Urat

14 Daftar Makanan Tinggi Purin, Bisa Sebabkan Asam Urat



1. Daging merah

Daftar makanan tinggi purin salah satunya daging merah. Adapun jenis daging merah yaitu daging sapi, daging kambing, daging domba, daging kerbau, dan daging kuda, di mana jenis daging hewan tersebut merupakan daftar makanan tinggi purin dan bisa menimbulkan asam urat. Selain daging tersebut, daging angsa dan daging bebek juga termasuk ke dalam jenis daging merah. Itulah mengapa jenis daging ini juga perlu dihindari oleh para penderita asam urat.

 

2. Daging ayam

Daging ayam terutama bagian dada serta kulitnya, juga salah satu jenis makanan yang masuk ke dalam kelompok dengan kandungan purin tinggi. Mengonsumsinya secara berlebihan bisa memicu meningkatnya asam urat di dalam tubuh, karena daging ayam mengandung 175 mg/100 gram zat purin.

 

3. Jeroan

Ada aneka ragam jenis jeroan yang bisa menyebabkan asam urat, seperti usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, dan ginjal. Beberapa jenis jeroan hewan tersebut hanya satu dari sekian banyak daftar makanan tinggi purin penyebab asam urat.

 

4. Seafood

Selain hewan darat, daftar makanan tinggi purin bisa berasal dari hewan yang hidup di laut. Ada beberapa makanan laut yang mengandung purin, beberapa di antaranya seperti udang, kepiting, remis, tiram, dan cumi. Namun, tidak hanya jenis makanan laut segar, ada juga jenis makanan laut kalengan yang mengandung purin cukup tinggi, seperti sarden dan ikan kalengan lain.



Source link

Leave a Reply