11 Pedagang Positif COVID-19, Pasar Gede Solo Akhirnya Ditutup

11 Pedagang Positif COVID-19, Pasar Gede Solo Akhirnya Ditutup


VIVA – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akhirnya memutuskan untuk menutup operasional Pasar Gede Solo selama sepekan mulai hari ini, Selasa 1 Desember 2020. Penutupan itu dilakukan lantaran jumlah pedagang di pasar tersebut yang terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 11 pedagang.

Pantauan VIVA, sejumlah petugas keamanan tampak berjaga di depan pintu utama masuk ke Pasar Gede Solo, Selasa, 1 Desember 2020. Meskipun pintu masuk itu dibiarkan sedikit terbuka, namun di depannya diletakkan bangku panjang untuk tempat duduk petugas keamanan pasar.

Kini pasar yang dibangun pada masa pemerintahan Paku Buwana X itu terlihat sepi dan tidak ada aktivitas perdagangan. Aktivitas jual beli antara pedagang dan pembeli hanya terlihat di Pasar Gede sisi barat  yang merupakan pasar buah.

“Pasar Gede ditutup satu minggu karena ada 11 pedagang yang terpapar COVID-19,” kata Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, ketika ditemui di Balai Kota Solo, Selasa 1 Desember 2020.

Penutupan itu berawal dari adanya tiga pedagang yang dinyatakan positif COVID-19 setelah hasil uji swab keluar. Mereka sebelumnya sempat menjalani rapid tes dan hasilnya reakfif. Lantas, adanya kasus COVID-19, Dinas Kesehatan Kota Solo melakukan tracing kepada pedagang lainnya dan hasilnya delapan pedagang positif COVID-19.

“Adanya penutupan pasar itu, kita perintahkan untuk penyemprotan disinfektan untuk sterilisasi secara terus menerus. Saya juga minta untuk sekalian dibersihkan lantai pasar,” ucapnya. (ren)

Baca juga: Cafe hingga Bar yang Bandel Prokes COVID-19 Akan Ditindak Polisi



Source link

Leave a Reply